Pekan Ta'aruf Mahasiswa Baru Tahun 2014

Pekan Ta’aruf (PETA) 2014 STMIK El Rahma mengusung tema “Membentuk Mahasiswa IT yang Islami, Enterpreneur dan bertanggung jawab” berjalan lancar. Acara yang bertempat di gedung Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Youth Center Yogyakarta di laksanakan selama 2 hari 1 malam (9-10 September 2014). Kegiatan tersebut meliputi pembukaan, training untuk peserta, outbound, api unggun dan pentas seni serta perkenalan HMP dan UKM dari masing-masing prodi.

Pembekalan Pekan Ta’aruf 2014 (8 September 2014) berlangsung di kampus 1 STMIK El Rahma pukul 08.00 yang di buka oleh Pembantu Ketua II Irfan Nurudin, S.Th.I.,M.S.I di sini mahasiswa baru di berikan arahan dalam menjalani pekan ta’aruf di Balai Pemuda dan Olahraga Youth Center Yogyakarta.

PETA hari pertama di buka secara resmi oleh Bapak Yuli Praptomo PHS,S.Kom. Pada hari ini para peserta di berikan training-training membangun. pengisi training sendiri di percayakan kepada UKM ETC. Training-training yang di berikan berguna untuk memberikan kesadaran kepada mahasiswa baru bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk menjadikan dirinya pribadi yang islami, enterpreneur, bertanggung jawab atau sesuai yang kita inginkan dan rencanakan. Dan untuk kegiatan Outbound di percayakan kepada UKM Erapala.

Pada malam pekan ta’aruf,  mahasiswa baru dan panita melakukan khataman Qur’an serta shalat tahajud bersama-sama. Rangkaian kegiatan yang lain adalah pentas seni dan api unggun. Pentas seni yang di tampilkan merupakan bentuk kreatifitas mahasiswa antara lain : pembacaan puisi hasil karya pribadi, menyanyi, stand up comedy serta renungan yang di sampaikan oleh Yachin Muhhamad

Hari Kedua pekan ta’aruf berisi rangkaian kegiatan berupa demo dari masing-masing HMP dan UKM STMIK El Rahma dan pengenalan prodi dari dosen jurusan STMIK El Rahma. Mahasiswa baru dapat mengenal lebih jauh  tentang HMP dan prodi yang akan di tempuh serta mengetahui organisasi UKM yang akan di ikuti selama berkuliah di STMIK El Rahma sesuai bakat dan minatnya.

Sebagai peserta pekan ta’aruf Ali Mustofiq (SI, 2014) berpendapat “pada awalnya saya berfikir, PETA yang di adakan STMIK El Rahma tidak jauh berbeda dengan ospek-ospek di kampus lain. Tetapi setelah mengikuti rangkaian kegiatan selama 2 hari saya merasa senang dapat acara ini”. Peserta lain Sumantri (SI, 2013) menyatakan “mesti terlambat mengikuti kegiatakan PETA tetapi saya tetap bangga dan bersemangat, karena di sini saya mendapat banyak pengalaman baru”.

Sebagai ketua pelaksana Lha Lha Setiawan mengharapakan dengan adanya pekan ta’aruf mahasiswa baru  lebih mengenal kampus dan organisasi kampus, teman-teman seangkatan serta kakak tingkat.

Yuli Praptomo PHS,S.Kom sebagai perwakilan STMIK El Rahma dalam membuka acara pekan ta’aruf menyampaikan  PETA 2014 memiliki konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya, dimana peserta di wajibkan untuk menginap. Yuli Praptomo PHS,S.Kom berharap para peserta dapat mengikuti rangkaian acara secara keseluruhan agar tujuan utama PETA dapat tercapai yaitu mempererat jalinan ukhuwah.